Traveler Yuks Cari Tau Apa Itu Vaksin Booster

ilustrasi traveler mountain

Tak terasa hampir dua tahun kita hidup berdampingan dengan suasana pandemi, banyak hal yang telah mengubah hidup kita. Dari mulai aktivitas sehari-hari sampai aktivitas traveling juga ikut berubah, penyesuaian-penyesuaian mau nggk mau harus di dikuti menyesuaikan dengan protokol yang ada.

Hal yang terasa amat berbeda jika dibandingkan dengan suasana bepergian 2 tahun yang lalu adalah di masa pandemi ini kita wajib mengikuti protokol kesehatan saat bepergian.

Salah satu aturan yang wajib di ikuti oleh para traveler adalah vaksin, untuk bisa naik angkutan umum jarak jauh traveler harus sudah vaksin minimal dosis pertama khususnya untuk perjalanan di dalam negeri.

Ngomong-ngomong tentang vaksin, saat ini ada wacana tentang vaksin booster, apa itu vaksin booster yuk cari tahu lebih jauh.

danau weekuri
danau weekuri // foto pegipegi.com

Apa Itu Vaksin Booster ?

Booster adalah dosis vaksin tambahan yang diberikan untuk mempertahankan kekebalan tubuh setelah proteksi dari suntikan sebelumnya mulai berkurang. Pada jenis vaksin dua dosis seperti Sinovac, booster diberikan sebagai dosis ketiga, sedangkan pada vaksin single-shot seperti Johnson & Johnson diberikan sebagai dosis kedua.

Namun, tidak semua dosis tambahan adalah booster. Di beberapa negara seperti AS, orang yang memiliki masalah sistem imun (immunocompromised) boleh menerima vaksin ketiga untuk memastikan respons imun yang memadai. Dalam hal ini, suntikan tambahan tersebut menjadi bagian dari keseluruhan rangkaian vaksin.Mengapa vaksin booster diperlukan?

Booster dapat diberikan karena beberapa alasan, di antaranya manfaat vaksin Covid menurun seiring dengan waktu atau tidak cukup untuk melawan varian-varian baru. Meski demikian, WHO menegaskan bahwa vaksin yang tersedia sekarang sudah bekerja dengan sangat baik untuk melindungi dari sakit parah ataupun varian COVID-19 yang lebih berbahaya. Karena itu, mereka yang telah divaksinasi penuh tak perlu buru-buru mencari dosis tambahan.Siapa yang menerima vaksin booster?

Berdasarkan Surat Edaran Ditjen P2P Nomor: HK.02.01/1/1919/2021, saat ini vaksin dosis ketiga hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan. Merek vaksin yang digunakan dalam program ini adalah Moderna.

Kapan masyarakat umum dapat menerima booster vaksin?

Pemerintah sendiri belum merencanakan hal tersebut sebelum target 70% masyarakat divaksinasi tercapai. Per 29 Oktober 2021, baru 34,60% penduduk Indonesia telah divaksinasi lengkap.Kapan vaksin booster diberikan?

Robert Shmerling dari Harvard Health menjelaskan, booster idealnya diberikan jauh sebelum kekebalan kelompok menurun. Antibodi terhadap virus Corona diketahui mulai berkurang enam bulan setelah mendapatkan vaksin inaktif. Adapun pemberian dosis ketiga untuk para nakes dilakukan minimal tiga bulan setelah vaksin kedua.Bolehkah menggunakan booster dengan merek berbeda?

Penggunaan vaksin yang berbeda merek atau ‘mix and match’ vaksin sejauh ini dinilai aman dan sudah dipraktikkan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Bahkan, kombinasi dua jenis vaksin dapat memicu tubuh untuk menghasilkan jumlah antibodi yang lebih tinggi daripada menggunakan vaksin dengan merek yang sama sebagai booster. Dengan demikian, seseorang yang telah memenuhi syarat untuk vaksinasi booster bisa segera mengambil vaksin apa saja yang tersedia — tentunya dengan rekomendasi dokter.Cari Tes Antigen Terdekat

Terlepas dari manfaat dan keamanannya yang telah terbukti, pemberian dosis booster sebaiknya tidak menjadi prioritas saat ini. Memperbanyak jumlah penduduk yang menerima vaksinasi awal tetap harus menjadi fokus utama, tak hanya karena lebih efektif untuk mencegah penularan virus, tapi juga demi pemerataan distribusi vaksin.

Untuk memastikan negara kaya tidak menimbun vaksin dan menyebabkan kekurangan suplai di negara lain, WHO menyerukan penangguhan booster hingga akhir 2021. Vaksin booster pun dapat dipertimbangkan kembali setelah mayoritas penduduk dunia sudah terlindungi dari COVID-19.

Sumber referensi : traveloka, cnbcindonesia,

Baca artikel lainya :